Agen Bola terpercaya

Prediksi Ramalan Bencana Alam 2012 Terbaru Fenomena Alam di 2012 Penyebab Bencana Dahsyat

RAMALAN BENCANA ALAM 2012 - Ramalan Bencana Alam 2012 Terbaru Prediksi Fenomena Alam Penyebab Bencana Dahsyat. Di tahun 2012, Kantor Staf Khusus Presiden Bidang Bantuan Sosial dan Bencana mengingatkan masyarakat untuk waspada terhadap ancaman bencana yang masih mengintai. Info Staf Khusus Presiden Bidang Bantuan Sosial dan Bencana Andi Arief, bangsa Indonesia harus mempersiapkan mitigasi bencana secara benar dan baik. Baca Spesifikasi Mobil "Kiat Esemka" Mobil Dinas Jokowi Walikota Surakarta dan Daftar Harga Honda CBR 250R 2011 Model Terbaru honda CBR250R tahun 2011.

Tahun ini, menurutnya, ada sembilan fenomena alam yang berpotensi menimbulkan bencana. “Rakyat Indonesia harus mewaspadi hal itu,” ujarnya. Berikut ini kesembilan potensi bencana versi Andi Arief.

Pertama, ancaman dari gempa-tsunami Mentawai (Siberut) 8,9 skala Richter. Gempa ini dinilai dapat mengancam satu juta lebih penduduk di Padang, Pariaman, Painan, dan wilayah lain di Sumatera Barat serta Bengkulu, khususnya di sepanjang pesisir barat.

Kedua, adanya potensi gempa di Selat Sunda, Selatan Jawa Barat, serta gempa di sesar Cimandiri, sesar Lembang Jawa Barat dan Bali. Selain itu, potensi ancaman gempa di jalur patahan aktif besar seperti di Patahan Palukoro-Matano di Sulawesi, Patahan Sorong, dan Tarerua-Aiduna di Irian. http://besteasyseo.blogspot.com/

Ketiga, aktivitas gunung-gunung berapi. Aktivitas ini dampak dari gempa Aceh 2004 dan Gempa Sendai, Jepang 2011. Setelah letusan besar Merapi 2010, sekarang dihadapkan dengan letusan khususnya Gunung Gamalama dan aktivitas Krakatau serta 23 gunung lain yang berstatus Waspada dan Siaga.

Keempat, adanya bahaya sekunder gunung api terutama di sekitar aliran sungai paska letusan Merapi 2010. Potensi banjir longsoran material erupsi Merapi mencapai 120 juta kubik.

Kelima, potensi gempa dari patahan besar Sumatera yang sudah cukup banyak diteliti. Selain itu gunung api lainpun ada yang bisa menjadi kejutan bencana terutama karena pengetahuan dan database kegempaan gunung api di Indonesia masih minim. Untuk Patahan Sumatera, segmen yang sudah lama bertapa termasuk di wilayah Aceh, Toba, Pasaman, Bukit Tinggi ke Utara, Dempo, dan Teluk Semangko, serta Selat Sunda.

Keenam, bencana lumpur Porong Sidoarjo yang masih belum selesai. Serta belum adanya kepastian penghitungan volume sumber lumpur yang masih terus keluar dari dalam bumi.

Ketujuh, ancaman banjir di mana-mana. Khususnya kota-kota besar seperti Jakarta dengan intensitas sama seperti yang terjadi tahun 2002 dan 2007 dan Semarang. Untuk di daerah-daerah, terutama di lereng-lereng bukit juga sering disertai dengan longsor atau banjir bandang.

Kedelapan, iklim yang sepertinya menjadi kian tidak menentu dan ekstrem yang juga bisa menyebabkan bencana, termasuk ancaman berbagai wabah penyakit. Selain itu adanya ancaman terhadap sistem ketahanan pangan dan energi.

Sembilan, meningkatnya frekuensi kejadian topan-badai di laut, gelombang tinggi serta munculnya fenomena angin puting beliung akibat depresi lokal.

Sembilan fenomena alam ini merupakan hasil diskusi dan koordinasi yang dilakukan oleh Kantor SKP BSB selama tahun 2011, baik yang diselenggarakan di Istana, Geotek LIPI, GREAT ITB, dan lain-lain.gatra.com

Ramalan Bencana Alam 2012 Terbaru, Prediksi Fenomena Alam 2012, Penyebab Bencana Dahsyat Tahun 2012, Video Bencana Alam Terbaru, Youtube Fenomena Alam 2012, Gempa Bumi Dahsyat, Gelombang Sunami

No comments: